Pengumuman

Selamat datang, jika terbantu dengan artikel, tolong click IKLAN yang ada untuk saya, terimakasih atas kebaikannya. jika ada yang di tanyakan silahkan langsung email ke taringdoberman@yahoo.com; welcome, have a nice reading, Please click commercial for me if you found my article is usedfull for you, you can contact me at taringdoberman@yahoo.com to share anything

Tuesday 8 October 2013

APEC, Metromini, Dokter Hewan, Nasibmu Indonesiaku

Kali ini pada APEC Business Advisory Council (ABAC) di Bali, yang menjadi rangkaian pertemuan 21 negara anggota APEC. Bermanfaat? sebuah pertanyaan manis dari Bung Herry Gunawan seorang penulis blog.  Bagaimana meyuruh ahli gizi luar negeri yang super bersih menilai  makanan tempe bongkrek, tentunya mereka sangat tidak menganjurkan karena termasuk makanan beresiko karena pembusukan.  intinya mereka tidak mengerti keadaan lokal dengan teori mereka.  ujung-ujungnya mereka mencontoh Taiwan, seperti yang di tuturkan oleh Erwin Raksa.
Cina itu besar dengan propaganda, berani menyontek teknologi dari luar dan memodifikasi dengan lebih maju dan mencetaknya dalam jumlah besar kemudian menjualnya dengan harga yang lebih murah dari pasaran adalah suatu yang tidak bisa di pungkiri menyebabkan cina besar.  Satu lagi, negara ini tidak takut siapapun, juga punya hak veto, kalau negara berkembang alias negara ketiga tidak bisa di pungkiri, tempat jualan dari negara pertama, alias target pasar, alias tempat membuang barang ciptaan.  kalau begini, ya ibarat anak baik yang siap diapa-apakan tanpa keberanian.  
Saya ingat ketika seorang ahli poultry datang dari luar memberi seminar, ketika ditanya mengenai pemeliharan ayam skala kecil dengan teknologi sederhana alias tradisional, beliau gelagapan dan selalu menganjurkan untuk menaikan level menjadi peternakan ayam moderen.  hal ini bukan menjawab pertanyaan. tapi hal inilah yang dibutuhkan peternak kecil yang memang kecil karena kurang informasi dan penuh mafia di lingkungan perunggasan.
Saya sangat tertarik dengan pemikiran Ekonomi Metro Mini ini, sewaktu terakhir pulang saya masih mempergunakan ini untuk keliling kotaku, tempat kehidupan yang mengeliat termasuk pencopet dan penodong.  aku pun pernah sial kecopetan HP di Metromini ini. namun Seperti inilah Indonesia.  permasalahan Indonesia itu kompleks, cara satu-satunya adalah seperti cina, matikan yang ketahuan korupsi, harga mati, ngak bisa di tawar-tawar. baru semua teori-teori dapat berjalan. sebab teori itu membuat sistem, sistem membuat pekerjaan lebih mudah dan ketika sudah mudah buat apa lagi uang pelicin.  jadi koruptor-koruptor ini yang sengaja menghambat, jadi semua urusan tidak mudah yang menyebabkan semuanya susah.