Pengumuman

Selamat datang, jika terbantu dengan artikel, tolong click IKLAN yang ada untuk saya, terimakasih atas kebaikannya. jika ada yang di tanyakan silahkan langsung email ke taringdoberman@yahoo.com; welcome, have a nice reading, Please click commercial for me if you found my article is usedfull for you, you can contact me at taringdoberman@yahoo.com to share anything

Tuesday 8 November 2011

Depresi VS Kesedihan

Meskipun depresi sering dianggap sebagai keadaan kesedihan yang ekstrim, sebenarnya ada perbedaan besar antara depresi (klinis) dan kesedihan. Kesedihan adalah bagian dari menjadi manusia - reaksi alami untuk kondisi yang menyakitkan. Semua dari kita akan mengalami kesedihan di beberapa titik dalam kehidupan kita. Depresi, adalah penyakit fisik dengan gejala lebih banyak dari suasana hati bahagia.

Gangguan depresi klinis tidak dapat didiagnosis jika seseorang memiliki riwayat gangguan personality ganda atau adanya gangguan schizoaffective dan tidak ditumpangkan pada skizofrenia.

Dalam kasus yang penting buat seseorang misalnya kasus kematian orang yang sangat bernilai atau bermakna untuk orang tersebut, penyakit depresi mungkin terlihat menetap selama lebih dari 2 bulan  yang mungkin disertai dengan gangguan komunikasi, keinginan bunuh diri, gejala psikotik, atau retardasi psikomotor.
Suasana hati yang tertekan yang disebabkan oleh zat-zat seperti obat-obatan, alkohol, atau obat-obatan tidak dimasukan sebagai gangguan depresi (klinis).
Seseorang yang menderita gangguan depresi kilins haru memiliki memperlihatkan suasana hati yang tertekan atau kehilangan minat atau kesenangan dalam kegiatan sehari-hari secara konsisten setidaknya selama periode dua minggu.
Suasana hati ini harus mewakili perubahan dari suasana hati yang normal sehari-hari seseorang dan merusak fungsi dalam kehidupan sehari-harinya.Untuk memperjelas perbedaan antara kesedihan yang normal dan depresi (klinis), ada  kriteria yang spesifik, yang ditetapkan untuk diagnosis depresi (klinis):
Kesedihan adalah perasaan sementara yang menghampiri ketika suatu masalah itu menghasilkan efek sedih  sedangkan depresi dapat berlama-lama selama minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun. Orang yang sedih merasa buruk, tapi terus untuk mengatasi hidup. Seseorang dengan depresi klinis mungkin merasa kewalahan dan putus asa.
Orang dengan depresi klinis menemukan fakta bahwa tidak selalu ada alasan logis untuk setiap perasaan sunyi dan sendiri yang kadang-kandang atau sering dialami. Nasihat dari sumur-teman dan keluarga dekat tidak mampu mencegah atau mengobati keadaan ini, bahkan hanya memberikan frustrasi,  sebab layaknya situasi  diabetes, pankreas tidak mampulagi menghasilkan insulin lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan untuk tidak terjadi diabetes.
Untuk lebih jelasnya ganguan ini dapat digolongkan ke dalam depressi klinis bukan kesedihan biasa bila masuk dalam minimal 5 hal dibawah ini
  • suasana hati depresi hampir sepanjang hari dan hampir setiap hari. Seorang individu tersebut memperlihatkan perasaan sedxih atau kosong.
  • Berkurangnya minat atau kesenangan dalam semua hal, atau sebagian besar, pada kegiatan sehari-hari hampir sepanjang hari dan hampir setiap hari.
  • perubahan berat badan yang signifikan biasanya perubahan lebih dari 5% dari berat badan dalam sebulan yang sehubungan dengan penurunan atau peningkatan nafsu makanInsomnia atau hipersomnia, 
  •  
  • Psikomotor agitasi atau retardasi Kelelahan atau kehilangan energi 
  •  
  • Perasaan tidak berharga atau bersalah yang berlebihan 
  • keraguan atau kemampuan berkurang untuk berpikir atau berkonsentrasi 
  • pikiran tentang kematian, keinginan bunuh diri berulang tanpa rencana spesifik, atau usaha bunuh diri atau rencana spesifik untuk bunuh diri

: